[Resensi Buku] Seri Dokter Kecil: Ayo mengenal Flu

Assalamu’alaikum, mama…

Kali ini saya ingin berbagi bacaan yang sudah selesai saya baca. Saya mengikuti cara teh Erie Syahadah dari Rumlit IP Bekasi tentang cara membaca buku secara paralel pada satu waktu tertentu dan membuat catatan pada buku yang dibaca. Sejauh ini, menyenangkan. Saya bisa menyelingi buku dengan buku lain saat bosan, namun tidak kehilangan esensi atas setiap buku. Karena ada catatan yang memudahkan saya.

Baiklah, berikut ini resensi buku anak yang telah saya baca. Buku ini saya baca melalui aplikasi ipusnas. Untuk buku-buku yang tipis, saya masih bisa membacanya. Sedangkan untuk buku-buku tebal, saya lebih memilih membaca secara langsung, tidak menggunakan aplikasi gawai. Membaca terlalu lama, membuat mata saya sakit.

Judul buku: Seri Dokter Kecil, Ayo Mengenal Flu
Penulis: Kiki Sulistiyani
Penerbit: PT. Elex Media Komputindo
Jumlah halaman: 36 halaman

πŸ“šUlasan singkat tentang buku ini:

Buku ini ditujukan untuk anak-anak usia sekolah dasar. Dibuka dengan halaman perkenalan dengan Doci, yang akan berperan sebagai dokter dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ditujukan padanya seputar flu. Pada setiap awal bab, dibuka dengan pertanyaan berkaitan bab yang akan dibahas. Bahasanya sangat mudah dipahami untuk anak usia sekolah dasar.

Doci akan menjawab pertanyaan yang masuk baik melalui surat maupun surat elektronik. Bahasa anak yang mudah dipahami dalam menjelaskan setiap pertanyaan membuat buku ini menyenangkan untuk dibaca. Anak pun tidak mudah bosan dengan cerita Doci meski Doci menjelaskan tentang penyebaran virus flu. Selain itu, ilustrasi di setiap halaman membuat anak betah dan tidak beranjak hingga selesai dibaca.

Buku ini berisi tanda-tanda terkena flu, bercerita tentang flu dan penyebabnya, penyebaran virus flu, cara mencegahnya dan hal apa yang dilakukan bila terkena flu. Dan diakhir ada kuisnya juga.

πŸ“šHal yang paling berkesan dari buku ini:

Bahasanya yang mudah dipahami oleh anak-anak usia sekolah dasar. Tidak terlalu banyak menggunakan istilah kedokteran atau bahasa ilmiah yang sulit dipahami. Dengan gaya bertutur yang berupa ajakan, diharapkan memudahkan anak-anak untuk mengikuti saran yang ada di buku.

Ilustrasi gambar di setiap halaman pun memudahkan anak menangkap maksud buku ini. Dan anakpun tak mudah bosan membacanya. Ilustrasi juga memudahkan anak untuk meniru melakukan pencegahan atau pengobatan seperti yang ditulis di buku.

Selanjutnya, bagi saya yang paling berkesan juga adalah halaman kuisioner. Halaman ini menjadi evaluasi sejauh mana pemahaman anak setelah membaca buku. Bahkan kalau mereka tidak mengetahui jawabannya, mencoba mencari tahu dengan membacanya berulang kali.

Untuk bacaan ringan namun padat berisi pengetahuan, buku ini sangat direkomendasikan bagi buah hati.

πŸ“šHal yang kurang disukai dari buku ini:

Tidak ada.

πŸ“šNilai: πŸ’™πŸ’™πŸ’™πŸ’™πŸ’™

Demikian resensi buku dari saya. Semoga bermanfaat.

Baca buku, ikat ilmu dengan tulisan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *