Karya Tulis Review Buku

Menambah Wawasan Cinta Bumi dan Bereksperimen

Judul Buku : Happy Kids, Happy Earth. Cintai Lingkungan, Sayangi Bumi.

Penerbit : Data Media Yogyakarta

Cetakan : Pertama, November 2018

Buku antologi karya Rumbel Menulis IP Yogyakarta ini sudah lama menjadi penghuni perpustakaan kami. Tapi saya baru selesai membacanya. Buku ini lebih sering menjadi bacaan anak-anak, dan baru kesempatan kali ini saya bisa membacanya utuh.

Alhamdulillah, anak-anak selalu menyambut kehadiran buku baru dengan suka cita. Selama pendemi ini, kegiatan membaca buku memiliki porsi yang lebih besar dari sebelumnya.

Kembali ke buku antologi Happy KIs, Happy Earth. Pandemi yang belum beranjak semenjak Maret 2020 membuat kita sesaat melupakan keberhargaan lingkungan. Prioritas utama pada kesehatan dan higienitas melenakan hak bumi untuk diperhatikan. Saya melihat tumpukan masker sekali pakai di tempat sampah. Selain itu, penggunaan air pun menjadi royal alias boros. Semuanya mengatasnamakan kebersihan dan kesehatan demi menjauhkan diri dari Si Covid 19.

Masyaa Alloh, membaca buku ini mengingatkan kembali akan hakikat mencintai lingkungan. Saya menemukan banyak pengetahuan baru dari buku ini, terutama dalam membuat eksperimen-eksperimen kecil buat anak-anak.

Meski buku ini menyasar anak usia sekolah, namun bisa dinikmati oleh usia diatasnya. Penyampaiannya begitu sederhana dan mudah dipahami. Saya pun merasa tergerak melakukan hal kecil bagi bumi setelah membaca salah satu judul di buku ini.

Buku ini digawangi oleh 12 penulis dengan 10 cerita. Setiap cerita dibuka dengan cerita pendek, lalu ada artikel tentang wawasan yang berkaitan dengan tema cerita pendek dan lembar aktivitas atau eksperimen sederhana yang bisa dilakukan anak di rumah.

Inilah yang membedakan buku ini dengan buku pengetahuan alam lainnya. Menjadikan buku ini daya tarik tersendiri dan menjadi media belajar yang menyenangkan bagi anak. Favorit kami adalah lembar aktivitas atau eksperimennya. Dan bila dikerjakan bersama anggota keluarga akan menjadi momen seru yang bermanfaat.

Dan terakhir, saya ucapkan salut dan terima kasih pada segenap penulis buku Happy Kids, Happy Earth. Kehadiran buku ini memberikan sejuta manfaat. Kami menantikan karya lainnya.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *