Ketika Enjoy, Easy, Excellent dan Earn (4E) Bertemu

Kata-kata Enjoy, Easy, Excellent dan Earn (4E) menjadi tagline yang belakangan sering berseliweran di media sosial saya. Saya sendiri menemukan pemahaman ini lebih mendalam setelah mengikuti TMA (Talent Mapping Assesment) dan tentunya di kelas-kelas Ibu Profesional

Dalam mengembangkan kekuatan diri dan menyiasati kekurangan diri, kita bisa menggunakan indikator 4E tadi terhadap aktivitas yang biasa kita lakukan. Atau bisa juga

Pengertian 4E

Baiklah, mari kita selami pengertian Enjoy, Easy, Excellent dan Earn. Dengan batasan pengertian ini akan memudahkan kita memilah aktivitas sesuai kategori 4E tadi

Enjoy

Enjoy artinya menyenangkan. Aktivitas yang dilakukan dengan menyenangkan, nyaman, asyik, kita bisa berlama-lama melakukannya, bahkan melakukannya tanpa diminta. Mudahkan menemukan aktivitas seperti ini. Bisa apa saja, loh. Memasak, merajut, membaca. Yuk, kita hitung berapa banyak aktivitas Enjoy selama ini

Easy

Easy artinya mudah. Kegiatan atau aktivitas yang kita lakukan terasa mudah dilakukan. Mudah disini karena kita senang melakukannya.

Excellent

Excellent artinya aktivitas dilakukan secara optimal. Pada fase ini aktivitas yang kita lakukan tak sekedar mudah dan menyenangkan. Di fase ini kemungkinan kita mulai menemui tantangan. Tapi dengan landasan passion, tantangan dapat dilalui dengan lebih baik.

Earn

Earn maksudnya adalah ketika aktivitas yang dilakukan menghasilkan suatu karya atau manfaat ataupun penghargaan. Pada level ini akan semakin terasa perlunya usaha dalam memperjuangkannya dan big why sebuah kegiatan sebagai tujuan kita.

Diagram 4E personal dalam CoHouse

Indikator 4E saya coba terapkan dalam kehidupan pribadi dan terutama di Co Housing Hexagon City. Dengan 4E tersebut, saya merasa lebih mudah menjalani sebuah aktivitas. Prioritas pekerjaan di kelompok atau di ranah domestik maupun di komunitas manjadi terarah. Alhamdulillah.

Hanya saja, entah mengapa saya menemukan ada aktivitas yang mudah dilakukan, tapi saya kurang enjoy melakukannya. Setelah saya telusuri, hal ini berkaitan dengan peran saya di regional yang sering melakukan tugas seperti itu.

Nah, pada zona ini kami memilah-milah action yang mendukung proyek kami. Lalu, masing-masing member cohousing mengambil peran yang 4E di setiap action. Bismillah semoga istiqomah dan diridhoi Allah Ta’ala. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *