Bunda Produktif Ibu Profesional Jurnal Karya Tulis

Melangkah Lebih Tinggi di Zona Xtra Miles

Pada zona ini kembali saya dibuat berbinar oleh Founding Mother, ibu Septi Peni Wulandani. Setelah pekan lalu pembagian rapot, selanjutnya harus menaikkan kecepatan untuk melangkah lebih tinggi.

Bagaimana hasil rapot kalian? Yup, apapun hasil rapotnya, sejatinya disikapi dengan positif adalah cara terbaik menjawab setiap tantangan. Evaluasi kemarin adalah pijakan kaki melaju kencang. Kenapa harus kencang? Karena kita sudah setengah jalan. Ingat lagi, ada target yang harus dicapai.

So, merangkai kembali tugas atau kegiatan di project passion. Satu persatu kembali dievaluasi, dirancang arah perjalanannya. Pegangan yang kuat, ya. Kita akan melesat, menggapai mimpi.

Mudah? Tentu tidak. Menulis jurnal ini pun penuh perjuangan. Sudah 2 hari ini kepala terasa berat sekali. Memandang layar gawai atau membuka PC bukanlah hal yang mudah. Alhamdulillah, ahad siang ini saya merasa lebih ringan. Dan kesempatan ini saya gunakan untuk menulis jurnal.

Matriks Usaha Dampak (Effort Impact Matrix)

Matriks usaha dampak (Effort Impact Matrix) merupakan salah satu alat yang dapat digunakan dalam analisa masalah agar memudahkan dalam mengambil keputusan.

Dan tentunya berkaitan dengan mengelola waktu dengan lebih efisien.

Variabel Matrik ada 2.

1. Effort (Horizontal) yaitu berapa banyaj waktu, materi, uang, kapasitas, ataupun sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

2. Impact (Vertikal) yaitu seberapa besar nilai atau dampak hasil terhadap proyek yang dikerjakan

Kategori dalam matriks

Quick win adalah aktivitas yang memberikan keuntungan terbaik berdasarkan usaha, sifatnya berharga dan fundamental bagi kesuksesan suatu proyek. Fokuslah pada aktivitas di kuadran ini dan selesaikan sebelum yang lain.

Major Project adalah aktivitas yang memberikan keuntungan jangka panjang, tapi mungkin lebih kompleks untuk dieksekusi. Di kuadran ini, kita perlu selektif dan kejarlah bila upayanya dirasa sepadan. Aktivitas di sini perlu direncanakan dan dilaksanakan secara efektif.

Fill in adalah aktivitas yang tidak memerlukan banyak usaha tapi juga tidak menawarkan banyak manfaat. Aktivitas ini bukan sesuatu hal yang bisa diselesaikan bila ada energi berlebih.

Thankless adalah aktivitas yang memakan waktu besar namun berdampak rendah yang harus dihindarkan. Aktivitas yang biasanya tidak layak diselesaikan, lebih baik dihindari, delegasikan atau ditunda.

Manfaat membuat matriks

* Kita dapat cepat mengidentifikasi aktivitas yang harus menjadi fokus, dan aktivitas mana yang bisa diabaikan

* Membantu kita dalam mengoptimalkan waktu dan kemampuan yang terbatas

* Memberikan waktu untuk merenungkan strategi dan menemukan solusi paling efisien untuk mencapai tujuan dan mengurangi waktu dan tenaga terbuang percuma.

*Mengarahkan proyek kembali ke jalannya, menyelaraskan prioritas tim, dan identifikasi solusi terbaik

Tak hanya untuk menyelesaikan tugas Bunda Produktif, matrik ini pun bisa digunakan dalam menyelesaikan proyek lainnya. Seperti proyek pribadi atau proyek kekuarga.

Xtra Miles aktivitas pribadi

Saya pun menyusun kembali daftar aktivitas yang saya lakukan untuk proyek passion di Co Housing. Menata dan mengevaluasi habit selama ini. Sejauh mana pencapaiannya, tantangan yang dihadapi dan bagaimana upaya menaklukkan tantangan.

Alhamdulillah, saya merasa keterikatan dengan teman-teman di Cohousing terasa semakin erat. Tantangan bersama yang kami hadapi semakin mendekatkan, saya pikir inilah yang mengikat kami.

Dan, saya berpikir sudah saatnya tidak terpaku pada hambatan di Co Housing. Kini waktunya menjelajah, melirik kompetitor, mencari rekanan untuk bergandengan, dan mencari solusi untuk mencapai tujuan. Tak lupa siapkan juga rencana cadangan.

Dengan menganalisa kondisi di atas, saya pun menyusun matrik versi pribadi. Prioritas utama tentunya pembuatan cerita fiksi, non fiksi untuk konten buku kami.

Sama halnya dengan analisa pribadi, dalam tim pun demikian. Membuat matrik kelompok dan menganalisa solusi yang bisa kita lakukan.

Jadi, yuk kita mulai. Kencangkan sabuk pengaman, kita akan melesat tinggi. Insyaa Alloh, Aamiin.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *