a person sitting on wooden planks across the lake scenery
Ibu Pembaharu

Pecha Kucha #14 : Mengembangkan Ibu dan Anak Dengan Berbagai Cara

1.  Kunthi Arsitowati, Tim Shining Star


Tim Shining Star awalnya adalah tim keluarga. Berawal dari kegelisahan sebagai ibu rumah tangga yang produktifitas yang menurun, di sisi lain ingin bermanfaat bagi orang lain. Ibu rumah tangga yang produktifitas berarti bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun orang lain, baik profit maunpun non profit. Kelak tim ini dapat menjadi cahaya bagi keluarga agar ibu rumah tangga tetap produktif tanpa melupakan peran utamanya di rumah. Program individu berupa daily planner. Lalu aktivitas member tim, membbuat berbagai aktivitas para member di Youtube. Dan ada juga program humairoh sebagai alarm ibu beraktivitas kembali pada perannya. Masyaa Allah.

Semoga shining star semakin meluaskan dampaknya. Presentasinya berjalan dengan lancar dan udah dipahami. Sukses selalu shining star!

Rating

* Tim paham cara membuat video pecha kucha 9/10

* Pesan disampaikan dengan jelas 10/10

2. Garsinia, KiFaGa

Mba Kirani sebagai leader membuka presentasi KiFaGa. Bonding keluarga mulai tergantikan dengan adanya gadget. Belum lagi kondisi emosi yang meluap antar ayah bunda. KiFaGa mengingatkan tentang pentingnya bonding dalam keluarga. Masyaa Allah. Karya card game sudah dihasilkan oleh KiFaGa. Dan ada kelas berbagi rasa dimana saling berdiskusi dan berbagi tantangan yang dihadapi dalam keluarga.

Senang sekali mendengarkan pemaparan mba Kirani. Slide nya pun menarik untuk dinikmati. Semangat KiFaGa. Sukses Selalu!

Rating

* Tim paham cara membuat video pecha kucha 9/10

* Pesan disampaikan dengan jelas 10/10

3. Maunah, Tafko.id.

Mba Maunah membuka Tafko dengan penuh semangat. Tafko mengajak anak-anak dimana saja berada untuk mencintai, mentadaburi al Qur’an dengan cara menyenangkan. Ada juga kegiatan online untuk para orang tua. Di Tafko anak-anak diajak belajar sambil menunjukkan mainannya. Tafko merupakan pengembangan kegiatan offline di desa Pengarengan, Cirebon. Animo pendaftar pun semakin bertambah. Masyaa Allah.

Semangat menebarkan manfaat semakin meluas, Tafko! Mba Maunah lancar dan lugas dalam menjelaskan kegiatan Tafko. Senang sekali mendengarkan ceritanya.

Rating

* Tim paham cara membuat video pecha kucha 9/10

* Pesan disampaikan dengan jelas 10/10

4. Rima Melanie, Griya Acita

Mba Rima mempresentasikan Tim Griya Acita. Griya Acita adalah rumah yang penuh pengetahuan. Fokusnya pada pendidikan anak usia 7 – 10 tahun. Anak-anak muali menyukai bermain bersama teman-temannya. Dan selama pandemi, anak pun merasa perubahan yang terjadi, tidak bisa bermain dan berkumpul bersama teman-temannya. Griya Acita melakukan beberapa kegiatan berkaitan dengan problem statemen-nya. Masyaa Allah.

Musik sebagai background presentasi terdengar lebih dominan dari suara mba Riam. Saya agak terganggu dengan tempo musik yang terlalu cepat juga. Meski dengan sedikit usaha masih bisa mendengarkan penjelasan mba Rima. Sukses selalu Griya Acita!

Rating

* Tim paham cara membuat video pecha kucha 7/10

* Pesan disampaikan dengan jelas 10/10

5.  Ratna Chandra Sari, Rumah Talenta

Rumah Talenta bercerita tentang krisis identitas saat mengalami peralihan peran dari pekerjaan di ranah publik ke pekerjaan di ranah domestik. Tuntutan-tuntutan yang dihadapi ibu setelah menjadi ibu bekerja domestik berpengaruh pada kepercayaan diri seorang ibu. Percaya diri merupakan modal dasar dalam aktualisasi diri. Rumah talenta adalah wadah bagi perempuan untuk mengekspresikan dirinya. Kegiatan pengembangan diri dibagi dalam self love, nutrisi yang baik, dan sharing menemukan diri sendiri.

Mba Ratna memaparkan presentasinya dengan lancar. Disampaikan dengan gaya santai namun tetap bisa dipahami. Informasinya pun runtut. Masyaa Allah. Sukses selalu Rumah Talenta!

Rating

* Tim paham cara membuat video pecha kucha 8/10

* Pesan disampaikan dengan jelas 10/10

6. Siti Khoiriyah, Ruberi

Tim Ruberi disampaikan oleh Siti Khoiriyah. Suara mba Siti Ruberi merdu dan mendayu dengan iringan musik yang menenangkan. Tim Ruberi berfokus pada kebahagiaan yang berasal dari dalam diri manusia. Sesuai dengan namanya Ruberi adalah ruang berbenah diri bagi ibu dan remaja putri. Mba Siti bekerja sama dengan anak perempuannya sebagai tim. Masyaa Allah. Senangnya bisa bekerja sama dengan anak gadis sendiri.

Gambar-gambar slide yang bergulir bertema lembut dan enak dipandang. Sukses selalu Ruberi!

Rating

* Tim paham cara membuat video pecha kucha 9/10

* Pesan disampaikan dengan jelas 10/10

7. Asih Wiyanti, Wiguna Oase

Wiguna Oase mengangkat SDG’s no 1. Tim Wiguna Oase berfokus pada kemiskinan. Mengajak untuk memiliki kemandirian finansial. Dana yang terkumpul untuk dana usaha atau berwirausaha tanpa berhutang. Kelebihan dana digunakan sebagai dana darurat. Saat ini masih berfokus pada kuliner. Dan biaya yang ada digunakan untuk pengembangan teman-teman yang membutuhkan. Uang bukan segalanya, tapi kita belajar memanfaatkan skil dan kemampuan yang dimilikinya.

Suara mba Asih terkadang hilang timbul. Saya salut dengan usaha mba Asih. Masyaa Allah, apa yang dilakukannya sudah berdampak nyata untuk orang disekelilingnya. Semangat selalu Tim Wiguna Oase!

Rating

* Tim paham cara membuat video pecha kucha 7/10

* Pesan disampaikan dengan jelas 10/10

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *